Kamis, 10 Februari 2011

BE P@tiEnt...............

PAtient...

dari Kamus berarti:

  1. nomina
    1. pasien
    2. penderita
    3. orang sakit
  2. adjektiva
    1. sabar
    2. telaten
    3. panjang usus

    sebuah kata yang mudah di ucapkan namun begitu sulit untuk memahami dan menjalani, namun harus dan wajib hukumnya buat kita mengerti hakikat sesungguhnya dari kesabaran.

    mengutip dari dalam keyakinan saya bahwa ada tiga hal yang mesti di ketahui serta di jalankan :

    1. sikap dalam menghadapi setiap kemunculan permasalah
    kualitas seorang manusia dapat dilihat dari caranya menyikapi masalah ; mungkin menurut saya bila seseorang yang mampu bersabar pastinya tidak mudah bereaksi berlebihan serta tenang dalam menyikapi masalah itu sendiri, mampu berpikir jernih dan hati-hati dalam menyimpulkan akar masalah.
    namun hal lain yang tidak bisa kita ingkari adalah bahwasanya setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti tidak bisa lepas dari masalah sampai pada titik terakhirnya. dan kita sering kali lupa bahwa setiap manusia selalu di uji dan tidak pernah lepas dari mata rantai ujian. lantas apakah hidup ini begitu sulit dan rumit??tentu saja saya katakan tidak!!sesungguhmya dalam setiap ujian terdapat kasih sayang ALLAH  kepada hambanya, yang kemudian bila mahluk tersebut bersabar lalu belajar dari ujian tersebut maka akan di-naikan derajad nya menjadi mahluk yang mulia. inilah perlunya bersabar dalam menghadapi setiap permunculan masalah

    2. sikap dalam menjalankan ajaran agama
    mungkin kita akan bertanya-tanya tentang hubungan agama dengan sabar?
    secara konseptual semua ajaran agama tidak dapat tercapai bilamana umatnya tidak di dasari dengan sifat sabar atau telaten. terutama dalam memahami dan mengerti ajaran-ajaran yang tertuang dalam kitab, lalu bagaimana kita akan menjalaninya??
    suatu renungan, tentang faktor kemunculan agama sendiri selain karena ke wahyu, juga adalah karena sifat dasar manusia yang cenderung reaktif dalam menyikapi suatu kejadian. sehingga terkadang kita di butakan oleh perilaku, asumsi, fisik, materi, dan karena manusia diciptakan ke  muka bumi ini adalah dalam keadaan serba melimpah.cobalah kita bayangkan bilamana satu element udara berupa oksigen  saja dihapus dari muka bumi ini??
    inilah kenapa selalu diperlukan pembimbing dalam hidup, yang mampu memberi penopang dalam setiap landasan hidup.
    lalu bagaimana kita bisa mengelola sifat sabar dalam menjalankan perintah agama?
    untuk satu hal yang perlu di ingat adalah menjadikan prinsip bahwa agama adalah suatu kebaikan bila kita menjalankan perintah agama itu berarti kita sedang dalam perintah kebaikan dan sudah tentu kita akan mendapat buah hasil kebaikan menjadi insan mulia.

    3. sabar dalam menjauhi larangan agama.
       ini termasuk dalam hal menjaga perilaku dan sikap; namun masalahnya ketika manusia harus di tuntut bersabar menjauhi bentuk-bentuk kesenangan dunia berupa dosa yang tidak memberikan manfaat yang baik.
    karena memang sudah sifat manusia untuk selalu menurut pada hawa nafsunya, selalu menginginkan lebih dan berlebihan,berat rasa hati bila kita sudah di butakan oleh kenikmatan dunia yang pada hakikatnya semu dan semua akan sia-sia, habis, lalu hilang.
    karena agama di turunkan adalah untuk kebaikan manusia yang mengajarkan tentang kebaikan. maka perintah agama tentang larangan yang muncul karena memang tidak memberi manfaat dan di khawatirkan membawa keburukan bahkan kehancuran. lalu untuk apa kita tetap mengikuti larangan-larangan agama?
    bilamana seseorang sudah mampu untuk bersabar dalam tiap kemunculan masalah, kemudian bersabar pula dalam menjalankan perintah-perintahNYA serta menjaga kesabaran dalam meninggalkan larangan-larangan ALLAH, maka predikat insan yang mulia segera di raihnya   
    adalah ketika kita tidak bisa memilih dan menentukan salah satu dari ketiga bentuk sabar diatas, karena ketiga sabar itu sudah menjadi satu bagian yang utuh(paket).namun kita perlu menjalankan satu persatu dari sikap kesabaran dalam koridor hidup, semoga sedikit tulisan ini bisa menjadi ilmu dan membawa hidayah bagi kita semua...
    amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar